SELAMAT DATANG

Terimakasih telah mengunjungi blog ini, semoga bermanfaat bagi anda..

Kamis, 02 Desember 2010

MENGINTIP MEKANISME TERJADINYA LONGSORAN DENGAN VIDEO

Adanya perkembangan teknologi, saat ini kita dapat melihat proses mekanisme terjadinya gejala-gejala alam secara langsung. Seperti tanah longsor  (landslide) yang terjadi di heyelan atau tanah longsor yang terjadi di jepang yang sempat terekam kamera video.


Heyelan landslide


 Japanese Landslide

Dahulu ahli kebumian (geologist) mempelajari berdasarkan produk yang dihasilkan. Batuan-batuan yang diendapkan karena proses aliran sungai, batuan yang diendapkan karena proses aliran batu (debris flow) hanya dilihat hasilnya dan diinterpretasikan kejadiannya.

Dibawah ini kumpulan beberapa rekaman video jenis-jenis longsoran yang dapat dikenali dengan mudah. Perkembangan internet juga menjadikan semakin tersebarnya rekaman-rekaman ini sebagai media pembelajaran.

Sebelumnya tentu perlu diketahui apa saja jenis-jenis longsoran ini :



Jenis-jenis longsoran

Longsoran memiliki bebrapa jenis yg dibedakan berdasarkan material yang bergerak. Kalau materialnya halus disebut “mud” (lumpur), kalau berupa butiran disebut debris, kalau bongkahan besar disebut rock.
Berdasarkan bidang dan kecepatan pergerekannya dibedakan menjadi “fall” (jatuh), “flow” (mengalir) dan “creep” (merayap). Bila material yang bergerak dalam jumlah besar disebut sebagai “avalance“.

Dibawah ini beberapa jenis longsoran yang diamati gerakannya lewat video.

Mudslide / Earthflow:


Gerakan massa tanah sangat besar ini yang terrekam saat terjadi pada gerakan yang kedua. Sebelumnya terjadi longsoran yang menutup jalan, dan beberapa penumpang bus yang ingin berganti kendaraan untuk melanjutkan perjalanan. 

Mudslide/Mudflow

 


Coba perhatikan lereng /kemiringan tanahnya yang sangat landai. Jadi gerakan tanah dapat terjadi didaerah yang memiliki lereng sangat landai sekalipun. Namun juga perhatikan seberapa besar kekuatan dari aliran tanah ini yang mampu menggulingkan truk trailler !

Debrisflow



 


Kalau ada yang kepingin tahu bagaimana batuan berukuran diameter lebih dari satu meter mengalir, ya mengalir!. Lebih tepatnya memang menggelinding tetapi dalam massa aliran batu (debris flow) seperti ini dapat dibayangkan densitas dari “fluida” ini. Betul, aliran batu , kerikil, bercampur pasir dan air ini mirip seperti fluida yang bergerak mengalir dalam sebuah parit.

Aliran lahar dingin dan lahar panas dari gunung api, juga memiliki mekanisme aliran yang mirip dengan kejadian ini. Itulah sebabnya kita akan melihat batuan dengan diameter hingga 5 meter yang terdapat disungai-sungai di lereng yang jauuh dari puncak gunung.

Rock Fall


Daerah yang terlihat eksotis untuk berkemahpun 
sebenarnya menyimpan bahaya disebaliknya
Waspada tetap harus terjaga !


Pada lereng yang sangat curam (clift)didaerah yang kering tentusaja memiliki tanah lapukan yang tipis. Sehingga batuan dasar (bedrock) tersingkap. Batuan-batuan yang memiliki rekahan serta retak-retak ini akan memiliki kondisi sangat kritis.

Lihatlah bagaimana sebuah runtuhan kecil yang memicu terjadinya runtuhan batu yang lebih besar. Perhatikan ukuran batunya. Namun batu sebesar kelapa ini sudah mampu membunuh bila terkena manusia.

Longsor dipicu aktifitas manusia

 

Nah yang terakhir ini terjadi di Malaysia tahun 1993. Tidak ada berita heboh yang meluas pada saat itu. Tentusaja karena YouTube belom ada dan hanya email sebagai sarana komunikasi di internet.




Longsoran ini terjadi dibekas tambang timah (Tin Mine) di pantai Remis. Bayangkan air laut masuk ke dalam lombong (tambang).

Salah satu komentar menarik dari orang Malaysia
Anonymous said… Interesting video. I am a Malaysian but I have never seen the video before. My guess is the landslide area could be around 4°24’2.96″N  100°35’17.23″E That mining lake is by the sea.
Apa yang kita pelajari ?
Tentunya harus ada yg dipelajari bagi orang awam seperti kita. Longsoran dapat terjadi dimana saja. Kelerengan curam bukanlah satu-stunya pertanda bahaya longsor. Selain alamiah, manusia juga sangat mungkin penyebab dan pemicu terjadinya longsoran.
WASPADA MUSIM HUJAN sering diikuti LONGSOR !!
Sumber: Youtube & rovicky

1 komentar:

  1. artikelnya sangat bermanfaat, tetapi sebaiknya anda menampilkan sumber sumber tulisan maupun gambar yang anda kutip disini. :D

    BalasHapus